Brengsek-brengsek Kebanyakan Para Kyai, Mursid Thoriqoh, Ustadz, Ulama, Intelektual Islam, Mahasiswa Islam, Aktifis Islam, di Indonesia


Di sini saya tidak membicarakan Negara-negara barat ataupun timur. Saya hanya ingin menyampaikan fakta di kandang sendiri, di Indonesia dalam bingkai keislaman.

METAMORFOSIS CINTA

METAMORFOSIS CINTA

Kemiskinan menurut Islam adalah tidak terpenuhinya kebutuhan primer baik sebagian atau keseluruhannya dikarenakan faktor ekonomi. Kebutuhan primer dalam Islam yaitu sandang, pangan, papan, dan pendidikan. Kemiskinan dalam Islam tidak dilihat dari agamanya, jenis kelaminnya dan rasnya. Hukum kemiskinan sendiri dalam Islam merupakan fardhu kifayah (kewajiban kolektif) bagi kalangan yang mampu dan terlebih lagi kaya raya. Menariknya di Indonesia adalah adanya semangat yang berlebihan dalam pemenuhan ibadah-ibadah sunah yang bersifat mahdhoh dengan tidak menjalankan hal-hal fardhu kifayah. Padahal, meninggalkan ibadah fardhu kifayah demi mengejar ibadah sunah, hukumnya haram. Misalnya saja, mengeluarkan biaya demi melaksanakan haji yang kedua kalinya ataupun umroh, tatkala masih ada tetangganya yang miskin (belum terpenuhi kebutuhan primer dalam pandangan Islam), maka hukum haji atau umrohnya adalah bukan saja tidak diterima amal ibadahnya melainkan diharamkan, karena di dalamnya masih terdapat hak-hak fakir-miskin tetangganya yang belum ditunaikannya. Menjadi mengiris hati melihat negeri ini, umat Islam sebagai mayoritas tapi di Indonesia ini kalangan miskin berlimpah ruah. Islam memang tidak melarang seseorang mencari kekayaan, sekaya apapun, akan tetapi kemiskinan hukumnya fardhu kifayah bagi kalangan yang mampu. Melaksanakan fardhu kifayah juga tidak melihat penyebab kemiskinan seseorang, karena objek hukum fardhu kifayah adalah kalangan yang mampu itu sendiri.

Berapa banyak ulama di Indonesia? Berapa banyak ustadz di Indonesia? Berapa banyak kyai-kyai di Indonesia? Berapa banyak intelektual Islam di Indonesia? Berapa banyak pesantren-pesantren di Indonesia? Berapa banyak kampus-kampus Islam di Indonesia? Berapa banyak orang Islam yang memiliki kekayaan berlimpah di Indonesia? Tapi mengapa kemiskinan masih merajalela???

Perlu diketahui, mengatakan kemiskinan sebagai sunatullah bukan saja diharamkan dalam Islam, melainkan juga sebagai bentuk kedzoliman. Masih ingatkah, bagaimana di masa kekholifahan sahabat Umar, kala itu rakyatnya tiada yang mengalami kemiskinan?

Sistem di Indonesia sudah bagus, hanya saja umat Islam yang mayoritas, ulama yang melimpah, para ustadz yang tersebar di seantero nusantara, kyai-kyai yang hampir ada di mana-mana, banyaknya mursid thoriqoh, dan intelektual Islam yang semakin menjamur, dari mereka yang mampu hampir keseluruhannya hanya memikirkan dunia. Hampir kesemuanya di antara mereka yang berkecukupan —dari yang fundamentalis sampai liberalis, dari sayap kanan hingga sayap kiri— di Indonesia sama sekali tidak dapat dijadikan panutan. Hal ini karena, mereka bukan saja fakir ilmu yang hakiki, juga fakirnya jiwa mereka. Mereka suka mendiskusikan kemiskinan, menjadikan kemiskinan dan akherat sebagai obralan dalam dakwah billisan-nya, tapi kegelisahan atas fenomena ini hanya dalam bingkai retorika. Klasik, dari masa pra sejarah, penjajahan, higga kini mereka tidak berubah. Selalu mencari pembenaran dengan menempel-nempelkan ayat Alquran, hadits, kisah para ulama masa lalu, kisah para nabi, yang seolah-olah sebagai suara Tuhan, agar zona nyamannya tak terusik. Benar-benar kucluk….

Melalui coretan kecil ini, marilah kita bersama-sama bukan lagi hanya mendiskusikan kemiskinan, namun saatnya lah kita bangkit membantu secara riil terwujudnya kesejahteraan melalui tangan kita. Kewajiban kita, di mulai dari yang terdekat, dari sekitar kita, dari tetangga-tetangga kita. Dari RT, RW, Kecamatan, Kabupaten Propinsi, hingga Negeri, Tidaklah mustahil terwujud, jika kita semua bersama-sama melaksanakannya, kecuali ada di antara kita umat Islam yang bangsat, apapun status kita. Apakah kita masih merasa miskin? Naudzubillahimindzalik….

 

________________________________________________________________

MUSTAHIL TERWUJUD PERSATUAN, TANPA ADA KESEJAHTERAAN

________________________________________________________________

 

Gembel jalanan, Wahyu NH. Aly

 

 

Isi sama dengan judul berbeda mengenai tulisan saya ini, klik di sini: Kucluk

111 pemikiran pada “Brengsek-brengsek Kebanyakan Para Kyai, Mursid Thoriqoh, Ustadz, Ulama, Intelektual Islam, Mahasiswa Islam, Aktifis Islam, di Indonesia

    • KenaPA harus menGhUJaT,,.YG PERlU Qta pertanyakaN??apakah qt udh bisa Amal sHOLEH,,ityu aj DlU..BrU qt????? N jgn pernah mersa bhwa dri qtq ityu bnar,,.yg MAHa benar Gªªĸ lain hanya اَللّهِ SWT

  1. realita masyarakat Islam diIndonesia mas Wahyu NH … semoga kita mampu menjadi manusia yang bermanfaat untuk semua makhluk Allah terutama sesama manusia Amiiin…

  2. Saya sangat setuju dengan tulisan ini. Ummat Islam tak akan bangkit dan berjalan lurus, jika para penunjuk jalannya berseok-seok penuh kebingungan berkat mengejar bongkah materi dan popularitas! Apalagi jika para “penunjuk jalan” itu pura-pura akan jalan yang mesti ditujunya!

    Salam sejahtera

  3. Saya sangat setuju dengan tulisan ini. Ummat Islam tak akan bangkit dan berjalan lurus, jika para penunjuk jalannya terseok-seok penuh kebingungan berkat mengejar bongkah materi dan popularitas! Apalagi jika para “penunjuk jalan” itu pura-pura lupa akan jalan yang mesti ditempuhnya!

    Salam sejahtera

    • makanya jadi orang islam yang benar sesuai perintah allah dalam alquran surat albaqoroh ayat 208. dan mau mempelajari,memahami,serta mau mengamalkan isi alquran dan hadis yang soheh.biar bisa hidup bahagia dunia dan aherat.

  4. iya sy sangat setuju… apa yg ditulis memang realita.. kalo dipikir2 ustadj, ulama kyai yg bener seolah2 punah…

  5. Sy setuju dengan kata2 di atas.memang btl bnyak kyai2 brensek yg juga siriq.cotoh ad seorang kyai yg jual azimat keris batu cincin kono ktnya bs merubah nasib.mengharap salam tempel.tunang orang dirampas dijadikan menantu.yg kbnyakan di jwtimur.slh satunya kyai abdussalam jember jl kcmtn poger.jual azimat minyak yg d isi hadam batu keris dll smpai ke malaysia dn salam tempel nya.hnya krna duniawi smpai lupa hukum agama.mkn ini bkn kyai tp tp org kampungan yg pandai cramah dan ke ilmuan kanuragan/ke goiban.

  6. Ya kl kyai sperti itu susah dicontoh.masih bnyak lg bos habib palsu mta duit/jual batu d persekitaran tmpat kerja orang asing d mlysia.siapa yg prnah mrantau d mlysia msti tau.ap lg d bln maulid nabi bnyak kyai yg br lomba2 cramah ad jg yg bw azimat dr jnis sgla macam bentuk.ad jg yg mengisian badan konon ktnya kebal kslamatan tolak sihir.yg penting bg dia bisnis lancar ada kemasukan.soal ceramah/dakwah rakyat di kampungnya sndri msh perlu ngapain sampai ke negara orang.lg senang2 bilang kafir sesama muslim

  7. Ya zaman sekang bnyak kyai baru tentunya mau naik daun jg biar ada santri/murid.bahkan ad jg kyai yg suka2 menuduh orang sama2 muslim di bilang kafir penyebar agama kafir.padahal orang itu masih aktif sholat ikut perintah allah dan menjauhi larangan nya.sungguh tidak pnya otak bilang gitu.apa nggak tau hukum2 agama.selidikin dulu br bilang.kl nggak tau hukum nggak osah jd kyai biar nggak ngrocos kyak knalpot.sorbannya sndiri di potong2 di bagi2kan orang dwktu pengajian knon ktnya untk kslamatan.huhhhh

  8. Kalau ngomong masalah kyai memang banyak yang menyedihkan. Pantes aja kebanyakan jadi kyai bentar aja langsung kaya raya. Di sini ada yang suka jual azimat macam rajah dan air putih yang konon bisa bikin dagangan laris, panen berhasil, dll dan masyarakat pun herannya banyak yang percaya aja. Masak rajah selembar aja ngasih salam tempel 50 rebong? Kalau sehari ada 5 “pasien” coba dihitung per bulan udah berapa tuh?? Ulama-ulama seperti inilah yang sudah membikin Islam hancur.

  9. Asslm wr wb. Islam diturunkan untuk memberi tuntunan pada kita semua. kalau ada salah itu wajar. cuma sekarang kita banyak salah kaprah bahwa isalm itu lebih utama pada ibadah yang bersifat mahdhoh padahal banyak yang ghoiru mahdhoh yang ditujukan untuk memperbaiki tata nilai dalam masyarakat, memperbaiki akhlak dan hbungan kemasyarakatan. Yang brensek adalah diri kita sendiri yang mungkin mau dibodohi, yang mungkin licik, yang mungkin iri, yang mungkin cari untung sendiri, dst….Maka mari kita perbaiki umat ini mulai dari memperbaiki diri sendiri……

  10. mas wahyu kalo mas agamanya islam mari kita bersyahadat kembali,karena yang salah itu bukan agamanya tapi orangnya dan tidak semua umat islam atau para kyai,mursid toriqoh apalagi semuanya brengsek, dengan tidak langsung kita sudah menyakiti sesama muslim dengan mengatakan demikian.

  11. ini gimanato?kok pada sok suci smua la wong kalian lapar sendiri kok nyalahin orang,lha ini indonesia miskin terus,kalo lapar nunggu pemberian,kalo gak di kasih minta di kasih,kalo gak ada yg ngasih memaki,emangnya kalian lebih baik ya drpda kiai2 itu?emangnya lo lebih suci drpd kiai2 mursid itu?omongkosong kalian!ini saya bajingan tak kenal ngaji tak kenal ilmu,tp saya tdk mengolok2para kiai,dan saya tak mengaharap kasihan.kalo perutku lapar aku kerja.kalian anjing penjilat yang sok suci! Mikir jangan cuma emosi!

  12. kalian2 yang cuman ngoceh cuman ngoceh gak beda kambing sapi dsb dikandang,kalo lapa ya ngoceh sampe kiai di ocehin.org2 spt kalian gak pernah tau kebaikan orang,pejabat dari presiden sampe rt,kiai ustad dsb,orang tua,tetangga,polisi dan sebagainya kalian maki sebab mereka tak memberi apa yang kalian minta,dan kalian hanya akan menyanjung mereka pahlawan yang telah terdahulu,padahal jika kalian hidup di jaman nabipun saya jamin kalian akan memakinya.itulah gaya orang munafiq.orang2 seperti kalian itu yang membuat indonesia miskin terus!asu kok kalian!di lempar tulang diem lo.

  13. aKEH KANG aPAL QUR’AN HADITSE SENENG NGAPIRKI PORO KIYAI,KAPIRE DEWEK TA’DI KETEKI,YEN ISI KOTOR ATI AKALE,TRIMS TO WAHYOO,ANDA BUKAN HANYA KUMAL,KOTOR DEKIL,TAPI KOTOR JUGA ISI HATI DAN AKAL

  14. Menurut saya, tulisan di atas ini tak lain disebabkan kekecewaan sang penulis terhadap kondisi sosial yang serba kekurangan di Indonesia.. dan itu wajar saja, karena kondisi psikis yang labil itu mengharuskan yang wajar menjadi tak wajar..

    Hanya saja,, alangkah lebih baiknya jika kita lebih bijak menyikapinya… ^,^

  15. setuju mas… kyai, ustad atau habib atau apalah yang biasa disanjung2, yg selalu diciumin tangannya, yg ada di negeri kita bisanya cuma cari pembenaran buat diri atau kelompoknya sendiri,,, Ayat2 Quran n Hadist di jual di TV, ngancurin usaha orang dengan dalih amar ma’ruf nahi munkar, manknya ga mikir klo yg kerja disitu jg muslim yg lg banting tulang buat nafkahin anak istrinya,,,

  16. apa anda sendiri sudah membantu mereka yang miskin? saya rasa tidak , anda hanya berceloteh sesuka nafsu anda, sungguh tidak ada ilmu pada diri anda kecuali sedikit!

  17. AS.WR.WB…Gus wahyu,sy ini org mualaf br msk agm islam,sy kok jd bingung bc kt2 sampean,trs jabn saudara2 kt,semua pd inti ny pd ngapain ya

    • Islam itu indah pak.tp d dlm ada jg orang2 yang merusak islam.kita hanya perlu memiliki guru sejati agar selamat tdk melenceng dari koridor.guru sejati tersebut adl mereka dari golongan ulama.karna mereka pewaris para nabi…
      ciri2 mereka biasanya dg kata2nya yg memberi petunjuk,,

  18. Yg bikin ini hanya melihat dri 1 sisi tdk melihat sisi lain….jd jgn menyalahkan agama tp slhkanlah org yg berpendidikan tp tak terdidik

  19. (salam saudara wahyu N.H.)saudara ngerik koyo jangkrik, sya turut prihatin terhadap takdir anda… smoga di kehidupan mendatang saudara di takdir menjadi lebih baik… amiin….

  20. berarti mas wahyu masih belum tau apa apa.. masih perlu blajar lagi tuh.. mas wahyu sudah pinter, tapi belum ngerti

  21. Asss gus. Jjr aku tadinya baca judulnya agak ngeri2 gmn, apalagi liat yg nulis jg ustadz, intelektual muda, dan gus. Tp aku baca isinya, aku tak merasa gus wahyu mengolok2. Yg aku rasakan gus wahyu ini hanya mempertanyakan keberadaan para tokoh agama dlm fardhu kifayahnya atas kalangan umat Islam yg miskin2. Mf klo aku keliru gus. Mohon doanya gus..

  22. Mz Wahyu yg trhrmt, ampun ngoten mangke kwalat lho, niki media sosial kathah ingkang maos, salamatul insan fi hifdzil lisan

  23. menuru ue lo salah besar. Mereka para ulama bukan lah pengusaha. Mereka bukan lah pegawai pemerintah. Mereka tdk ada yg menggaji. Klo mereka kaya itu dari allah. Yang bertanggung jawab atas kemiskinan adalah pemerintah. Di negara arab sebagian dan di negara erofa rakyat miskin mendapat biaya talangan hidup. Undang2 di indonesia itu dholim. Coba lo pikirin banyak pemungutan pajak di indonesia. Dr usaha, kendaraan dll. Gerak~gerik mereka terbatas. KeKayaan mereka karna doa

  24. Munkin niatnya bagus…untuk membrants kemiskinan,membantu yg tidak mampu itu tindakan yg sangat mulia. Tapi disini cara yg dgunkan aku rs sngt tidk spantasnya. Mencemooh para ulama. Niat yg baik,akan lebih sempurna jka diikuti cra yg baik jg.
    Sebelum menilai orang lain,sebaiknya kita nilai dulu diri kita,..:) slam

  25. Obyektif , memang pada kenyataannya para ulama bangsat smua !
    Mereka adalah para penunjuk jalan menuju islam , jika penunjuk jalan sudah tdk dpt di prcaya siapa yg akan menunjukkan jalan menuju islam yg sebenar”nya islam ?

  26. yang punya status orang kafir bodoh n tolol kurang didik orang tuan kali,,,
    yang salah itu orangnya tapi loe tolol nyalahin kyai tau ngak kamu tugas kyai itu menyambung lidah nabi,,,,

    Sono minta di scullllllll orang tua loe

  27. Rata rata belum tentu semua,,
    yang punya status orang kafir bodoh n tolol kurang didik orang tuan kali,,,
    yang salah itu orangnya tapi loe tolol nyalahin kyai tau ngak kamu tugas kyai itu menyambung lidah nabi,,,,

    Sono minta di scullllllll orang tua loe

  28. wah…bkankah penghuni surga it orng2 miskin…bkan orng2 kaya..miskin tp lebih dekat pd ALLAH It lbih baik dr pd kaya lupa pd ALLAH.Ucapan ANDA Ksar…tk pntas jd cerminan.nabi it lemah lembut dlm brucap..lbh sntunlah sdikit..sya yakin anda brilmu…ksombongan it pkaian ALLAH…

  29. iyaaaa Gus Wahyu NH Aly. mohon maksud tulisan gus wahyu diatas itu apa. gus wahyu sendiri kan keturunan ulama. dan gus wahyu bukankah seorang ustadz, dengan mengajari ngaji dan menerjemahkan kitab-kitab para ulama. tapi tulisan gus wahyu di atas kok begitu ya, apakah itu bisa dikata sama dengan menjelek-jelekkan gus wahyu sendiri? mf gus, ane percaya ada maksud baik dari tulisan diatas, tapi ane hanya orang awam yg blm ngerti kok bisa gus wahyu menulis tulisan spt itu..

  30. ass.sedulur semua ni.saya mo tanya ni sama yg punya blog tp yg jawab boleh juga pembaca lain.APA NABI PERNAH MENGHUJAT?APA NABI PERNAH MEGKAFIRKAN ORANG?trus apa nabi pernah menyuruh berdebat sesama muslim?terima kasih.
    terus terang saya awam lho.awam banget malah.

  31. Ingatlah !, apa yang kau tulis dimedia apapun ada hisab di akherat kelak, walau di media blogpun, Allah tetap mengawasi dan akan ada perhitungan, bersiaplah !!!

  32. Pedagang musuhnya pedagang,,
    politikus musuhnya politikus,,
    kyai musuhnya juga kyai

    hahaha…
    Rebutan piring

  33. aslm.. tulisan mas gus bagus tetapi tidak mencerminkan jiwa intelektual islam sejati, belajarlah dengan lemah lembut, santun dalm bersikaf, singkatnya mas gus belajarlah adab

  34. Kya’nya yg punya blog anaknya wahabi bertanduk sytan y” mpe kiyai jdi sasaran amukan tak punya adab tggal tggu adzab aja

  35. klo ngomongin kyai bisa kena adzab…….. apa gk kena adzab jg tuh, yg komentar2nya yg kesannya gimana gitu diblognya gus wahyu yg juga kyai dan keturunan ulama,.??

  36. saya tertawa baca posting hingga comment di blog ini, yang paling saya heran kenapa yang komen kebanyakan belain para kyai dsb,
    ngapain mesti dibelain seh, biarlah kyai itu sendiri yang membela dirinya atas apa yang dia perbuat, baik itu benar atau salah,,, gag mesti kita menghujat sesama dan saling salah menyalahkan.. ngatain orag gag beradab lah, ngatain orang ini itu lahhh, saya tanya memangnya dengan ngatain orang gag punya adab tuh nunjukin kalo kalian itu manusia beradab??
    nilailah diri kita lebih jauh, baru kita bisa kasih opini buat orang, negara kita ini makin miskin moral.

  37. Ada sebuah cerita tentang 4 org buta dan seekor gajah,ke4 org buta trsbt d suruh menggambarkan seekor gajah,lalu mereka pun meraba,yg pertama menggambarkan dg yakinx bahwa gajah itu lebar spt selembar krtas,karena dia meraba bag.telinga,yg ke2 dg yakin membantah bahwa gajah it seperti pipa panjang,krn yg d raba adlh belalaix,yg ke3 tdk kalah serux membantah bahwa gajah itu bulat lebar krn yg d rba bag.perutx,yg terakhir dg santaix menjwb kalian salah semuax,gajah it seperti ranting yg kecil tp ujungx d tumbuhi rambut,krn yg d pegang bag ekor,jd kesimpulanx janganlah sodara menilai sekelompok org itu berdasarkan penilaian kasat mata anda,karena pandangan mata itu penuh dg tipuan,anda sendiri apakah kontribusi anda trhadap para fakir,apa anda trmasuk gol fakir miskin atau gol mampu

  38. masyaa allaah coba kita renungkan kata2 BERENGSEK orang bijak mengatakan:mengingatkan yang di ingatkan itu harus lebih ingat atau SIKSA yg mendatanginya,maaf kalau salah di betulkan ya?

  39. fahami dan cerna inti dari tulisan di atas. baca beberapa x . insya allah anda akan faham . jangan saling menghujat . menurut Q mari kita cari jln tengah lurus memecah problem kemiskinan umat islam ini .

  40. yang kaya adalah rahmat bagi si miskin, si miskin rahmat bagi si kaya, kaya miskin adalah ujian bagi manusia

  41. jangan mengatakan brengsek pada orang, pengumpat dan pencela neraka huthomah tempatnya……………..!!!!!!

  42. Sebagian besar ulama atau kyai memang tidak memahami kesejatian Islam karena ilmu mereka hanya berasal dari kitab atau buku. Padahal penulis kitab atau buku itu sendiri juga tidak paham akan kesejatian Islam. Sedangkan Al Qur’an hanya mampu dipahami secara hakiki oleh jiwa-jiwa yang suci, selainnya tidal! Ilmu nahwu, shorof, balagho, mantek, dll hanyalah alat untuk menterjemahkan atau bercerita tanpa pernah bisa menyentuh hakikat Al Qur’an sama sekali.

    Sedikit sekali di dunia ini manusia yang memahami kesejatian Islam, Beliau-beliau adalah kekasih Alloh. Mereka mengetahui segala yang gaib dan haq (nyata) karena mereka berguru langsung kepada Beliau Rasululloh SAW sebagai guru sejati. Mereka mampu melihat Tuhan, Rasululloh, malaikat, surga, neraka, alam barzakh, dll. Mereka tidak memerlukan pembuktian lagi, karena kenyataan sudah di depan mata. Mereka adalah manusia-manusia suci yang tercermin melalui akhlak mereka yang mulia. Mereka tidak pernah mempunyai rasa benci sedikitpun thd apapun di alam ini, mereka Rohmatan lil alamin, karena Tuhan menciptakan perbedaan dan Tuhan mencintai serta memelihara perbedaan tersebut.

  43. bnyak2 lah istiqfar sodara q…

    ALL, Jng lh emosi dbls emosi..

    Da cr yg lbh baik buat pa dng cr sprti ni..

    Tulisan gus wahyu hny bentuk tulisan yg mnjdikan pro n kontra…

    Kt2 gus wahyu jng dmakan mentah2
    yg prlu, ayo kt tolong si wahyu tuk kt ajak blajar sm2,

    mnjga hati, n mulut prlu ksabaran..,

    senyum q tuk crita anda n air mata q tuk hati anda yg sdg gelap

    bnyk2 istiqfar sodara q..

  44. Waktu aq baca judulnya tulisan gus wahyu, aku kaget juga. Judulnya ngeri sekali..

    Tapi aku baca isi tulisannya beberapa kali, aku sama sekali tidak menemukan unsur hujatan. Yg aku rasakan, justru gus wahyu sedang mempertanyakan nilai2 keislaman di indonesia yg mayoritas beragama Islam..

    Setelah aq renungkan judul tulisannya gus wahyu, aq berpikiran, kata kebanyakan itu berarti tidak semuanya…

    Klo dipikir2 lagi, pada dasarnya, ulama jg terbagi jd dua. Ada ulama su’ (jelek) dan ada ulama baik. Mungkin, gus wahyu maksudnya begitu.. Suka gk suka, aq positif thinking dgn tulisan gus wahyu, aku percaya ada rahasia, ada hikmah didalamnya,

  45. Seorang mursyid tidak dpt d katakan brengsek,krn seorang mursyid adalah orang yg dlm hatinya tiada yg lain kcuali ALLOH,orang yg hatinya slalu trjaga.jd jngn smbarang melabeli orang mnjdi seorang mursyid kmudian kau olok seenak udelmu.

  46. assalamu’alaikum…
    sy cuma mw mengatakan…
    tolong jgn mnyebarkn kbencian antra ssama muslim..
    aplgi smpai mnjlek2n para ulama..
    berat dosanya..
    bukankah ssama muslim adlah saudara…?
    yg salah bukn ulamanya..
    itu smua trgantung pda org yg mnjadi ulamanya..
    kalo emg kurg baik..
    mgkin alangkah baiknya jika kita mndoakan supaya sang ulama jd lbih baik….?

  47. andaikan kebenaran itu datang kepada kita (utk memperbaiki keadaan yang ada saat ini) apakah kita siap menerimanya… apakah kita tidak bangga dengan ide & pendapat kita???… Insya Allah masih ada kok ulama (kyai ) yang bener2 murni… sy yakin itu Insya Allah…

  48. Lebih baik introspeksi diri, sudah sampai mana amal qta, gak perlu menghujat para qyai,ustad,apalagi para mursid, karna kemiskinan dan ke kurangam adalah ujian, dan orang yg sbrlah yg beruntung.

  49. Yg nuduh para ulama toriqoh,tasawuf,sufi brengsek2,kalau tdk tobat aq yakin mampusnya mesti suul khotimah AMIN.

  50. terkadang dikemukaan seorang miskin itu lebih dekat dg Allah, orang teraniaya doanya pasti dikabulkan Allah, hidup di akhirat lebih baik dr isi dunia, menurut saya doktrin macam ini lah yang menjadikan org Indonesia dan banyak negara muslim lain sulit maju. Bagaimana bisa mengamalkan tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah kalau miskin. mungkin yang sedikit diubah dalam berdakwah adalah orientasi berpikirnya, coba kalau kaya bisa sedekah, bisa haji, bisa bangun masjid, bisa menolong org lain, bahkan menolong muslim2 miskin di Afrika yg katanya saudara kita.

  51. Seorang yg baik bukan bisa mencela dan menilai org lain akan tetapi org yg mampu melihat dirix sendiri. Sejauh mana anda berbuat tuk org lain

  52. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
    QS. Al Mujaadalah {58] : 11

  53. KENAPA MISKIN??? KARENA LEMAH IMAN DAN TAQWA !!!! JANGANLAH KAU KUFUR NIKMAT KAWAN ,,,BUKANKAH NAFAS INI PUN SANGAT MAHAL HARGANYA????

  54. “mbok diadakan penelitian mas wahyu, sejauh mana hubungan antara kemiskinan di Indonesia dan peran kyai dan mursyid thoriqoh dalam menyumbang angka kemiskinan, ada hubngannya nggak? apa salah mereka beribadah? jangan-jangan asumsi mas Wahyu hanya berdasar ketidak sukaan saja,bukankah Allah berpesan”janganlah ketidaksukaan kamu terhadap suatu kaum menghalangimu untuk berbuat adil” dlm srt yasin juga di terangkan” thooirukum ma’akum” prasangka jelek kamu itu bersamamu. dan dalam hati yang buruk kata- kata yang dikeluarkanpun pasti buruk. termasuk yang mengakibatkan kemiskinan di indonesia itu orangnya hanya pintar saling menyalahkan, tanpa menghargai anak bangsa sendiri

  55. BERBUATLAH MULAI DARI ANDA SENDIRI BERIKAN CONTOH YANG BAIK GA USAH NGOMENTARI ORANG LAIN YANG ANDA KATAKAN BELUM TENTU BAIK BAGI ORANG LAIN

  56. kita tidak membutukan fatwa mui sudah melakukan fatwanya, sekarang contoh kita di kehidupan bukan tulisan / omongan.
    masyarakat jenu akan ceramah tapih menunggu surihtauladan kita.

  57. Smua akan bertanggungjawab di hadapan Allah Azza Wajalla, jgn sampai sibuk dgn orang lain sementara lupa diri sendiri….

  58. HATI HATI DENGAN PENYEBUTAN YG KURANG PANTAS THD AHLU ILM’..KARENA YG DITAKUTI YAHUDI (AMERIKA CS) ADALAH BELIAU2 ITU YG ANDA SEBUTKAN.

  59. Yaaa Allooh Yaa Robbi,.saya ini orang kecil ,untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga selalu cari pinjaman/hutang,sejak tahun 90an hutang say tidak pernah berkurang aplgi bisa lunas,behkan terus bertambah,..itupun harus dg renternir,saya tahu itu semua haram baik yg pinjam maupun sang renternir,namun mau apalgi meski di sekitar kita banyak sekali orang’ yg berkelebihan uang,namun bila kita mau pinjam pada mereka pasti menolak yg disertai mencibir,satu”nya jalan saya harus cari pinjaman pd kaum renternir.Astaghfirullooh,Akhy semua mohon do’anya..semoga saya segera bisa lepas dari hutang dan jeratan kaum renternir,..

  60. Apa yg di tulis mas wahyu itulah memang kenyataannya, mas wahyu bukan menghujat, itu sindirian yg sesuai fakta…kalau anda yg ga termasuk yg kena sindiriannya ya jangan kebakaran jengot dong..ketika seseorang membutuhkan makan atau minum apa qta kasih dengan hadits-hadist atau ayat-ayat??? Coba renungi lagi ya jangan Taklid…

  61. Mari kita hormati semuanya para kyai jg karna mereka juga berjuang….
    Dan mari kita ikuti para ulama karna mereka adl pewaris para nabi….

  62. mf…gw masih awam tapi menurut gw…..kata” berengsek kurang enak…
    ingat allah maha mengetahui

  63. Saudara2 semua,jngn saling menghujat,ingat lah,kpn terakir kali saudara ber sahadat mengakui dri hati yg pling dlm bhwa anda memeluk agama islam,sholatlah dngan bnar,mka saudara semua bs meraskan manisnya iman.insyaallah hdup berkah dan d ridhoi allah,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s